Translate

Kamis, 25 Juni 2009

PERHATIKAN CIRI -CIRI UMAT MUHAMMAD

SAIF RIZA.SS.S.Hum


APAKAH ANDA TERMASUK UMMAT MUHAMMAD SAW?


1. BERSAHADAT

2. MENDIRKAN SHOLAT

3. BERPUASA

4. BERKATA YANG BAIK

5. MENJAGA AURAT

6. MENJAGA HUBUNGAN KEKELARGAAN

7. PUNYA KASIH SAYANG DENGAN BANYAK BERSHODAKOH

8. TIDAK MENCINTAI DUNIA

9. TIDAK BERMEGAH-MEGAHAN

10. BANYAK BERDIKIR

11. MENCINTAI INDAH SUNNAH


MARIK KITA PERHATIKAN

APAKAH ANDA TERMASUK ADA DIDALAMNYA?


Oke to the point saja, berikut adalah nadom tentang ciri-ciri umat Nabi Muhammad SAW.

Umat kanjeng nabi larang regane,umat kanjeng nabi larang regane

Umat kanjeng nabi syahadat loro pawitane, umat kanjeng nabi syahadat loro pawitane

“umat nabi Muhammad mahal harganya,umat nabi muhammad mahal harganya”

“umat nabi muhammad dua syahadat pertamanya, umat nabi muhammad dua syahadat pertamanya”

Dari nadom di atas dijelasin kalo umat Nabi Muhammad SAW itu mahal harganya (ndak percaya?,ayo kita buktiin).Mungkin pembaca pernah denger ada seseorang yang ibadahnya kepada AllAH itu sampe abis-abisan(sebut saja namanya si Fulan). Kerjaannya tiap hari beribadah sama AllAH. Si Fulan ini hanya makan dari tumbuhan yang tumbuh di dekat tempat peribadatannya.Trus kalo ndak salah hal itu dilakuin sampe 100 tahun lebih(kebayang ndak tuh). Dan suatu hari dia nanya sama AllAH ,”Ya AllAH adakah orang yang ibadahnya melebihi aku Ya AllAH “. AllAH menjawab kalo ada orang yang ibadahnya melebihi Si Fulan.”apa yang diperbuat oleh orang itu Ya AllAH dan berapa lama ia melakukannya Ya AllAH”,tanya Si Fulan lagi. AllAH menjawab kalo orang itu hanya shalat di malam hari,Si Fulanpun bertanya kembali pada AllAH “Siapakah dia Ya AllAH?”. AllAHpun menjawab kalo orang itu adalah umat dari Nabi Muhammad SAW.(tuh,sudah percaya kan?).

Mungkin sudah kebayangkan kalo umat Nabi Muhammad itu mahal harganya,buktinya ibadahnya Si Fulan yang saat itu belum termasuk umat Nabi Muhammad (coz Nabi belum lahir)yang abis-abisan sampe 100 tahun lebih itu setara dengan ibadahnya umat Nabi Muhammad SAW yang hanya Shalat di waktu malam hari.Oleh karena itu supaya pembaca tahu apakah pembaca ini umat Nabi Muhammad / bukan,di bawah ini adalah ciri-ciri dari umat Nabi Muhammad (cocokin deh sama pribadi pembaca apakah sudah termasuk apa belum).

Dari nadom diatas disebutkan kalo ciri umat Nabi Muhammad Yang Pertama “Syahadat loro pawitane” alias dua kalimat syahadat pertamanya.Mungkin pembaca sudah sering mendengar dari pak Kiai kalo dua kalimat syahadat itu adalah fondasi Islam kita. Apabila fondasinya tidak kuat maka bangunan Islam kita akan runtuh (dan itu bener lo!).Saya yakin pembaca (Agama Islam Khususnya) pasti sudah pernah membaca kalimat syahadat ini, namun coba deh mulai dari sekarang kita renungkan maknanya dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. (Jangan lupa ya,Direnungin).


Umat kanjeng nabi larang regane,umat kanjeng nabi larang regane

Umat kanjeng nabi eling AllAH ning atine, umat kanjeng nabi eling AllAH ning atine

“umat nabi Muhammad mahal harganya,umat nabi muhammad mahal harganya”

“umat nabi muhammad ingat AllAH di hatinya, umat nabi muhammad ingat AllAH di hatinya”

Nah nadom yang kedua ini berisi kalo umat nabi Muhammad itu selalu”eling AllAH ning atine”,alias “selalu inget pada AllAH di hatinya”. Mungkin kita sering melakukan sesuatu yang menyimpang dari agama Islam karena di hati kita masing-masing tidak inget kepada AllAH SWT(hayo ngaku ndak?).Kalau dalam bahasa kerennya inget sama AllAH itu adalah Dzikir kepada AllAH. Nah yang namanya Dzikir kepada AllAH itu bukan hanya mengucapkan kalimat asma AllAH seperti Subhanallah,laa Ilaaha Illallaah,Allahu Akbar,n soon-soonnya tetapi juga selalu melaksanakan perintahnya dan meninggalkan larangannya.

Sekarang pembaca sudah tau dzikir itu apa,tapi apakah pembaca ingin tau pahala apa yang kita dapat jika kita berdzikir kepada allah? Bilang iya gitu! (iya deh!).Dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR.Ahmad,Tirmidzi,dan Ibnu Majah yang artinya:

“Maukah kalian aku kabarkan tentang amal kalian yang terbaik dan yang paling suci menurut Rabb kalian, yang lebih tinggi kedudukannya bagi kalian, amal itu lebih baik dari menginfakkan emas dan perak, lebih baik dari bertemu musuh kalian,sehingga kalian menebas batang leher mereka atau mereka menebas batang leher kalian?”Para sahabat menjawab,”Tentu mau wahai Rasulullah” Beliau bersabda,”Yaitu Dzikir kepada AllAH”(HR.Ahmad,Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Diterangin kalo pahala berdzikir pada AllAH itu banayak pahalanya,bahkan pahalanya lebih tinggi daripada kita sedekahkan emas/perak trus lebih tinggi pahalanya daripada mati sahid(“mereka menebas batang leher kalian”). Makanya mulai dari sekarang jangan lupa ya untuk selalu inget sama AllAH baik di jalan, di Sekolah or any where pokoknya harus inget sama AllAH ,oke . (janji ya !, jangan lupa lo !)



Umat kanjeng nabi larang regane,umat kanjeng nabi larang regane

Umat kanjeng nabi duha tahajud kelakuane, umat kanjeng nabi duha tahajud kelakuane

“umat nabi Muhammad mahal harganya,umat nabi muhammad mahal harganya”

“umat nabi muhammad duha, tahajud kelakuannya, umat nabi muhammad duha, tahajud kelakuannya”

Di nadom yang ketiga ini ciri-ciri umat Nabi Muhammad SAW yang ketiga yaitu adalah “Duha tahajud kelakuannya”. Maksudnya umat Nabi Muhammad itu biasa melakukan shalat duha dan shalat tahajud (Shalat Sunah).Dan hal itu menjadi suatu kebiasaan (kelakuan) yang dilakukan oleh umat nabi Muhammad. Dalam hal ini shalat duha dan shalat tahajud hanyalah simbol dari sunah nabi jadi ciri-ciri umat nabi yang ketiga adalah melaksanakan sunah nabi (apa-apa yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad).

Tapi ada suatu masalah di sini (apaan tuh?).Jangan sampai pembaca selalu mengerjakan sunah nabi tetapi meninggalkan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh pembaca yaitu shalat lima waktu. So kalo pembaca sudah bisa ngerjain sunah-sunah nabi Shalat lima waktunya jangan ditinggalin ya karena kita diciptakan ke dunia ini adalah tidak lain untuk beribadah kepada AllAH seperti yang telah disampaikan dalam QS Adz Dzaariyaat ayat 56 yang artinya :

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”

Jadi jangan lupa untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban pembaca (inget-inget ya).


Umat kanjeng nabi larang regane,umat kanjeng nabi larang regane

Umat kanjeng nabi kurban tunggangane, umat kanjeng nabi kurban tunggangane

“umat nabi Muhammad mahal harganya,umat nabi muhammad mahal harganya”

“umat nabi muhammad kurban kendraannya, umat nabi muhammad kurban kendaraannya”

Nah ini adalah ciri umat nabi Muhammad yang terakhir. Dari nadom ini dijelasin kalo umat nabi Muhammad itu “kurban tunggangane”or “kurban kendaraannya”. (maksudnya?) maksud kendaraan di sini bukanlah kendaraan transportasi yang kita gunakan di dunia like ojek,becak, ks 4,angkot,dan temen-temennya. Kendaraan di sini adalah kendaraan untuk menyeberangi jembatan siratal mustaqim di akherat nanti. (o.. gitu). Para pembaca tentunya pernah mendengar kalo di akhirat nanti hewan yang kita kurbankan di dunia akan dijadikan alat transportasi buwat nyebrangin jembatan siratal mustaqim tadi kan?

Nah dari uraian tadi pembaca sudah termasuk kedalam umat Nabi Muhammad belum? kalo belum belajar terus ya (soalnya penulisnya juga belum termasuk, he..he..he..).Tapi kalo pembaca merasa sudah termasuk ke dalam kategori diatas maka ada sebuah nadom lagi buwat pembaca, yang merupaka janji AllAH pada kita semua.


Umat kanjeng nabi larang regane,umat kanjeng nabi larang regane

Umat kanjeng nabi ning surga panggonane, umat kanjeng nabi ning surga panggonane

“umat nabi Muhammad mahal harganya,umat nabi muhammad mahal harganya”

“umat nabi muhammad di surga tempatnya, umat nabi muhammad di surga tempatnya”

Jadi kalo pembaca sudah termasuk kedalam kategori umat Nabi Muhammad maka balasannya adalah surga (itu janji AllAH lo). Makanya mulai dari sekarang mari kita sama-sama belajar untuk menjadi umat Nabi Muhammad yang sesungguhnya ,bukan hanya nama doank oke!

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar”(QS Al- Fath : 29)

Ciri-ciri umat Nabi Muhammad saw:

1. Prinsip yang tegas melawan kekafiran.

Kalau yang menyangkut aqidah dan keyakinan kepada Allah, umat Muhammad tidak mengenal kompromi.

2. Bersikap marhamah (kasih sayang) kepadasesama muslim.

Rasulullah SAW menggambarkan kasih sayangnya orang muslim terhadap sesamanya, bagaikan tubuh yang satu.

3. Tegak di atas kekuatan ibadah.

Umat Muhammad menajidkan ruku’ dan sujud menjadi pekerjaan utama. Tiada ada yang dijadikan media paling utama untuk menyedot dan menyadap kekuatan ilahi kecuali dengan sholat.

4. Wajah-wajah mereka berseri-seri.

Orang yang selalu ruku’ dan sujud, maka kesucian dan kelembutan hatinya akan terpancar dari wajah-wajah mereka.

5. Pertumbuhan yang menakjubkan kalangan Islam dan membuat dongkol kalangan musuh Islam.

Walau ditekan, diteror, diintimidasi dan sebaginya, namun Islam semakin hari semakin meningkat secara kuantitas, sehingga musuh-musuh Islam senantiasa membuat rekayasa untuk menghancurkan Islam.

HANYA SEMENTARA INI YANG KAMI BISA BERIKAN DAN KAMI PERTAHANKAN





Tidak ada komentar:

Posting Komentar